Pengenalan OpenSID



Binti Qomariah - Assalamu'alaikum Wr. Wb. Apa kabar teman-teman?. Hari ini saya akan memperkenalkan tentang OpenSID. Apa itu OpenSID?. Mari kita ulas bersama.

A. JUDUL KEGIATAN
 Pengenalan OpenSID.

B. PENDAHULUAN
1. Pengertian
OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dirancang supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID.
2. Maksud dan Tujuan
OpenSID ini digunakan untuk mengembangkan sistem informasi yang ada di desa.
3. Latar Belakang
Memahami fungsi dan fitur-fitur yang ada di OpenSID.
4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat memahami yang dimaksud OpenSID  berserta fungsi dan fitur-fiturnya.

C. ALAT DAN BAHAN
- Komputer atau laptop.

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
3 jam.

E. URAIAN KEGIATAN
Di dalam OpenSID, yang dimaksud dengan Sistem Operasi Desa adalah proses dan aplikasi yang :
  • Berbasis komputer.
  • Mengelola informasi kantor desa.
  • Mendukung fungsi dan tugas kantor desa.
Peran dan Manfaat OpenSID antara lain :
  1. Kantor desa lebih efisien : Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.
  2. Kantor desa lebih efektif
    Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran.
  3. Pemerintah desa lebih transparan
    Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga.
  4. Pemerintah desa lebih akuntabel
    Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.
  5. Layanan publik lebih baik
    Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik.
  6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
    Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa..
  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa
    Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.
F. HASIL YANG DIDAPAT
Memahami apa yang dimaksud dengan OpenSID dan fitur beserta fungsinya.

G. KESIMPULAN
OpenSID adalah aplikasi Open Source yang digunakan untuk mengelola desa.

H. REFERENSI
http://merdesa.id/panduan-opensid/
http://merdesa.id/peran-dan-manfaat-sistem-informasi-desa/
Previous
Next Post »